Teknologi Web Pendorong dari Pesatnya Kemajuan Jaringan

 Teknologi Web – Perkembangan teknologi Web merupakan konsekuensi dan kekuatan pendorong dari pesatnya kemajuan jaringan global menjadi dasar untuk membuat alat untuk akses pengguna lintas platform dan lintas browser ke sumber daya jaringan global, sangat menentukan sifat penyajian informasi yang dekat dengan kebutuhan manusia dan antarmuka pengguna situs web modern.

Berkenalan dengan Teknologi Web, mempelajari prinsip dan konsep dasar yang mendasarinya, memperoleh pengetahuan praktis di bidang ini, tampaknya cukup menarik bagi para peneliti pemula di bidang ilmu alam.


Dasar Teknologi Web Pendorong dari Pesatnya Kemajuan Jaringan

Kursus ini dapat berfungsi sebagai dasar untuk studi mendalam independen tentang teknologi individu untuk tugas mengembangkan situs web dan produk perangkat lunak baik pembuatan sumber daya web pendidikan dan ilmiah, dan untuk kepentingan pelanggan pihak ketiga.

Di awal kursus, siswa akan mengenal konsep dasar Teknologi Web, serta sistem operasi Linux dan akan menerima sejumlah informasi praktis yang diperlukan untuk melaksanakan pelajaran pemrograman praktis di lingkungan ini. 

Konten utama dari kursus ini meliputi pengantar dasar-dasar HTML, CSS dan pengembangan keterampilan pemrograman praktis dalam PHP dan JavaScript. Selain itu, siswa akan mengeksplorasi kemungkinan alat visualisasi yang tersedia ( HTML 5, PHP, R ) menggunakan contoh yang terkait dengan penerapan eksperimen numerik.

Dasar-dasar bekerja dengan database (pada contoh MySQL ) dan metode praktis menggunakannya sebagai sarana menyimpan informasi dalam tugas pemrograman web juga akan dipertimbangkan. Selain itu, masalah interaksi klien-server, penyimpanan data jarak jauh, dan membangun sistem komputasi jarak jauh akan dibahas.

Teknologi Web OS Linux

Sebagai sistem operasi server, OS Linux yang paling populer saat ini yang kernelnya dikembangkan oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa di Universitas Helsinki, pada tahun 1991. Keterbukaan kode sumber sistem, keterbukaan seluruh proses pengembangan sistem membuatnya menarik baik bagi komunitas pengembang maupun sejumlah perusahaan IT besar.

Selama keberadaan sistem, itu diangkut ke sebagian besar platform perangkat keras yang ada, sejumlah besar program aplikasi ditulis. Semua ini telah menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam popularitas sistem dalam beberapa tahun terakhir, terutama sebagai OS server (60% dari server Internet pada tahun 2014), terutama untuk superkomputer (97% pada tahun 2014).

Sistem Android berbasis kernel Linux juga menjadi sangat populer dalam Teknologi Web beberapa tahun terakhir (lebih dari 60% perangkat seluler pada tahun 2012).

Apa Keuntungan Sistem Linux?

Keuntungan menggunakan sistem Linux  untuk tugas membuat sumber daya web adalah kebebasannya, ketersediaan paket server khusus dan kuat ( server web apache, nginx ), stabilitas sistem, dan kemudahan konfigurasi.

Untuk semua aspek penggunaan sistem, Anda dapat dengan mudah menemukan informasi referensi di sumber terbuka. Selain itu, keunggulan yang signifikan adalah adanya sejumlah besar aplikasi yang sebagian besar juga didistribusikan secara gratis.

Itulah mengapa sistem Linux ( Ubuntu ) menjadi dasar untuk mempelajari Teknologi Web dan melakukan tugas-tugas praktis dalam kursus ini. Bahasa HTML dikembangkan oleh ilmuwan Inggris Tim Berners-Lee sekitar tahun 1986-1991 di dalam Pusat Penelitian Nuklir Eropa di Jenewa (Swiss).

HTML dibuat sebagai bahasa untuk pertukaran dokumentasi ilmiah dan teknis, cocok digunakan oleh orang yang tidak ahli dalam bidang tata letak. Selama perkembangan Internet ( WWW ), HTML menjadi dasar untuk desain halaman web hypertext.

Seiring waktu, bahasa HTML telah meningkat ( HTML 5), Teknologi Web untuk mendesain halaman web ( CSS ), untuk membuat halaman dinamis di tingkat klien (JavaScript , Ajax ), serta bahasa pengembangan untuk server sisi web telah menjadi sistem luas ( PHP ).

Pengetahuan dan Keterampilan yang Diperoleh

Sebagai hasil dari kursus Teknologi Web, siswa harus memperoleh keterampilan pengguna dan menguasai teknik pemrograman Linux, prinsip-prinsip layanan jaringan Linux, mempelajari dasar-dasar HTML, JavaScript ( Ajax , jQuery ), PHP , SQL , CSS.

Tata letak halaman web, prinsip membangun pertukaran informasi klien-server, sistem komputasi jarak jauh, metode visualisasi dan penyajian data pada halaman web .

Teknologi Pendidikan

Materi kursus akan tersedia secara elektronik di situs jauh saat mereka dalam format kursus jarak jauh. Interaksi dengan guru, selain komunikasi kelas dapat dilakukan dari jarak jauh. Kelas praktik diadakan di kelas komputer.

Setiap siswa menerima akun terpisah di mesin virtual dengan sistem operasi Linux terpasang. Kursus ini melibatkan kombinasi kuliah dan kerja praktek mandiri. Siswa memiliki kesempatan untuk melakukan tugas-tugas praktis baik di kelas komputer maupun dari jarak jauh (misalnya, dari rumah) dengan menghubungkan ke mesin virtual pendidikan melalui RDP atau SSH.

Pada semester 4, siswa menerima tugas individu, yang dianggap sebagai makalah. Pilihan tugas memperhitungkan pendapat siswa. Pekerjaan kursus melibatkan penggunaan Teknologi Web dan keterampilan yang dipelajari untuk mengembangkan aplikasi web server-klien yang menyediakan eksperimen numerik atau pengoperasian sistem untuk memproses data eksperimen.

Itulah ulasan mengenai perkembangan Teknologi Web pendorong dari pesatnya kemajuan jaringan, terimakasih.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama